Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum Aestivum L.) terhadap Jumlah Eritrosit dan Leukosit Mencit Jantan (Mus Musculus L.) pada Latihan Fisik Maksimal

Aqilla, Intan Permata (2021) Pengaruh Jus Rumput Gandum (Triticum Aestivum L.) terhadap Jumlah Eritrosit dan Leukosit Mencit Jantan (Mus Musculus L.) pada Latihan Fisik Maksimal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_INTAN_PERMATA_AQILLA_16032068_241_2020.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Latihan fisik maksimal merupakan salah satu penyebab terjadinya peningkatan radikal bebas. Tidak seimbangnya antara radikal bebas dengan antioksidan didalam tubuh dikenal dengan stres oksidatif sehingga menyebabkan kerusakan eritrosit dan perubahan kadar leukosit, hal tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi jus rumput gandum yang mengandung zat gizi besi serta klorofil yang tinggi. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL).Jumlah sampel 24 ekor mencit jantan umur 8-10 minggu,dengan berat 30-35 g yang dikelompokkan menjadi 4 kelompok perlakuan yang terdiri dari 6 ekor mencit jantan. Perlakuan yang diberikan adalah tidak diberi jus rumput gandum (Kl), tidak diberi jus rumput gandum setelah latihian fisik maksimal (K2), diberi jus rumput gandum setelah latihan fisik maksimal dengan konsentrasi 7 5% (P 1) dan diberi jus rumput gandum setelah latihan fisik maksimal dengan konsentrasi 100% (P2). Pengambilan darah diambil sesudah perlakuan melalui ujung ekor mencit. Pemeriksaan yang dilakukan berupa jumlah eritrosit dan leukosit. Data dianalisis menggunakan one way ANOV A dilanjutkan dengan uji lanjut BNT dengan taraf5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,pemberian jus rumput gandum berpengaruh (p < 0,05) meningkatkan jumlah eritrosit sebesar ,65x106/mm3 dan menurunkan jumlah leukosit mencit jantan sebesar 2,52x103/mm3. Pemberian jus rumput gandum yang paling efektif adalah pada dosis tertinggi yakni P2 (Jus Rumput Gandum 100%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:43
Last Modified: 05 Apr 2021 00:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30500

Actions (login required)

View Item View Item