Analisa Tentang Luas Tanam dan Luas Panen di Bidang Komoditi Perkebunan di Provinsi Sumatera Barat dengan Menggunakan Analisis Profil

Wella, Saputri (2021) Analisa Tentang Luas Tanam dan Luas Panen di Bidang Komoditi Perkebunan di Provinsi Sumatera Barat dengan Menggunakan Analisis Profil. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_WELLA_SAPUTRI_15030031_631_2020.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Sumatera Barnt merupakan daerah yang berpotensi dalam mengembangkan sektor pertanian, salah satu sub sektor pertanian yang dapat mengembangkan perekonomian rakyat yaitu perkebunan. Subsektor perkebunan merupakan komponen penting dalam pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Surnatera Barnt. Hasil produksi dari subsektor perkebunan tentunya didukung dari luas tanam dan luas panen yang diperoleh. Jika dilihat dari masing-masing daerah di Sumatera Barnt, secara umum luas panen yang dihasilkan kurang dari luas tanamnya, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil produksi yang didapatkan dan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesamaan rata-rata antara luas tanam dan luas panen di Provinsi Sumatera Barnt. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Profil. Pada penelitian ini dilakukan perbandingan rata-rata luas tanam dan luas panen dari komoditi perkebunan di Provinsi Sumatera Barnt, dengan melakukan uji keparalelan, uji keberhimpitan dan uji setingkat. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari data publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barnt tahun 2018. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata luas tanam dan luas panen dari komoditi perkebunan di Provinsi Surnatera Barnt sama. Terdapat komoditi perkebunan yang belum optimal yaitu komoditi pala dan kemiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 Mar 2021 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30497

Actions (login required)

View Item View Item