Pengaruh Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP"

Oktaviani, Nurul (2021) Pengaruh Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURUL_OKTAVIANI_16031109_678_2020.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

SMA Pembangunan Laboratorium UNP sudah menerapkan Kurikulum 2013, namun berdasarkan observasi peneliti bahwa penerapan Kurikulum 2013 masih belum optimal. Permasalahan yang ditemukan adalah proses pembelajaran masih sering menggunakan metode ceramah sehingga membuat peserta didik pasif. Selain itu, guru juga kurang memvariasikan model pembelajaran. Dampaknya adalah rendahnya kompetensi belajar peserta didik pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Couple Card terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 54 orang peserta didik yang terdistribusi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Kelas XI MIA 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk aspek pengetahuan, lembar observasi untuk aspek sikap dan penilaian portofolio untuk aspek keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pengetahuan (77,93), kompetensi sikap (82,00), dan keterampilan (83,89) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol berturut-turut 68,30; 70,58; dan 79,22. Hasil analisis hipotesis di ketahui bahwa thitung pada ketiga kompetensi ini lebih besar dari ttabel• Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berbantuan media couple card berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem sirkulasi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:42
Last Modified: 05 Apr 2021 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30490

Actions (login required)

View Item View Item