Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 16 Padang

Syahputri, Halimah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HALIMAH_SYAHPUTRI_14029074_994_2020.pdf

Download (709kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika penting dimiliki setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun berdasarkan fakta dilapangan bahwa kemampuan komunikasi peserta didik kelas VIII SMPN 16 Padang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran terpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengkomunikasikan idenya baik secara lisan maupun tulisan, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe FSLC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 16 Padang saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dengan saat pembelajaran menggunakan pembejalaran konvensional. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 16 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII6 sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan komunikasi matematika dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematika, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik pada kelompok eksperimen yaitu 9,07 dan kelompok kontrol yaitu 8,23. Bedasarkan Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh p-value sebesar 0,026 atau tolak Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika peserta didik saat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC lebih baik daripada saat pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 16 Padang, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe FSLC berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:42
Last Modified: 05 Apr 2021 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30479

Actions (login required)

View Item View Item