Persepsi Pengunjung Terhadap Sarana dan Prasarana di Kawasan Daya Tarik Wisata Rumah Pohon Tabek Patah

Ananda, Vina (2020) Persepsi Pengunjung Terhadap Sarana dan Prasarana di Kawasan Daya Tarik Wisata Rumah Pohon Tabek Patah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_VINA_ANANDA_16135066_3310_2020.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa komplain dari pengunjung terkait sarana dan prasarana di kawasan daya tarik wisata Rumah Pohon Tabek Patah, dimana masih adanya pengunjung yang komplain karena tidak ditemukannya pusat Souvenir di sekitar daya tarik wisata Rumah Pohon Tabek Patah, jalan menuju Rumah Pohon Tabek Patah masih belum bagus, adanya pengunjung yang komplain karena toilet sangat tidak layak dan tidak ada air bersih, adanya pengunjung yang komplain karena lokasi wisata tidak terawat dan masih banyak sampah yang berserakan, sedikitnya atraksi wisata di daya tarik wisata Rumah Pohon Tabek Patah. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasinya terdiri dari wisatawan yang pernah berkunjung ke objek/ daya tarik wisata Rumah Pohon Tabek Patah, pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling sebanyak 89 sampel. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert sebanyak 22 pernyataan serta telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan program SPSS 20. Hasil penelitian terkait persepsi pengunjung terhadap sarana dan prasarana di kawasan daya tarik wisata Rumah Pohon Tabek Patah ini tergolong kategori baik (88,76%). Apabila ditinjau dari indikator variabel adalah variabel sarana (1) Perusahaan transportasi tergolong kategori baik (84,27%), (2) Hotel dan jenis akomodasi lainnya tergolong kategori baik (93,26%), (3) Restoran serta rumah makan lainnya tergolong kategori baik (84,27%), (4) Objek dan daya tarik wisata tergolong kategori baik (74,16%), variabel prasarana adalah (1) Prasarana perhubungan tergolong kategori cukup (86,52%), (2) Listrik/ penerangan tergolong kategori baik (93,26%), (3) Air bersih tergolong kategori cukup (84,27%), (4) Sistem telekomunikasi tergolong kategori cukup (91,01%), (5) Kesehatan dan keamanan tergolong kategori baik (83,15%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:46
Last Modified: 15 Mar 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30477

Actions (login required)

View Item View Item