Pengaruh Metode Pembelajaran Global Dan Elementer terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan Mahasiswa FIK UNP

Jefri, Muhammad (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Global Dan Elementer terhadap Kemampuan Groundstroke Tenis Lapangan Mahasiswa FIK UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUHAMMAD_JEFRI _16087271_739_2021.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini diduga rendahnya kemampuan groundstroke tenis lapangan yang di sebabkan oleh banyak hal, diantaranya metode pembelajaran yang belum sesuai dan tepat digunakan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran global dan elementer (X), terhadap kemampuan groundstroke (Y). Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau exsperimen semu desain pada penelitian ini pretest-posttest design. Sampel penelitian ini mahasiswa tenis lapangan dasar FIK UNP berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan pourposife sampling. Data dikumpulkan mengunakan tes keterampilan groundstroke tenis lapangan. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh latihan metode pembelajaran global terhadap kemampuan groundstroke tenis lapangan mahasiswa FIK UNP sebesar thitung 20,686 sedangkan ttabel sebesar 2,262 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan diatas maka thitung > ttabel (20,686 > 2,262). Metode pembelajaran elementer memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan groundstroke tenis lapangan mahasiswa FIK UNP sebesar thitung 18,272 sedangkan ttabel sebesar 2,262 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan diatas maka thitung > ttabel (18,272 > 2,262). Metode pembelajaran global lebih efektif dari metode pembelajaran elemeneter di lihat dari hasil uji hipotesis ketiga sebesar sebesar thitung 2,870 sedangkan ttabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan diatas maka thitung > ttabel (2,870 > 2,093). Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menunjukkan Ha diterima karena thitung > ttabel, dan dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran global lebih efktif dari metode pembelajaran elementer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:46
Last Modified: 15 Mar 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30473

Actions (login required)

View Item View Item