Pengembangan Modul Praktek Berbasis Proyek pada Proses Pembelajaran Praktek Instalasi Listrik Domestik di Program Studi Teknik Listrik

Fornando, Yusuf (2020) Pengembangan Modul Praktek Berbasis Proyek pada Proses Pembelajaran Praktek Instalasi Listrik Domestik di Program Studi Teknik Listrik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YUSUF_FORNANDO_16138158_4276_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Observasi awal terhadap proses pembelajaran Praktek Instalasi Listrik Domestik mahasiswa vokasi Program Studi Teknik Listrik, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih belum optimal karena pembelajaran praktek tidak menantang mahasiswa untuk berkreativitas dalam merencanakan dan melaksanakan Praktek Instalasi Listrik Domestik. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan modul praktek berbasis proyek yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada proses pembelajaran Praktek Instalasi Listrik Domestik. Penelitian dengan desain Four-D diterapkan untuk mengembangkan dan menguji validitas, praktikalitas dan efektivitas dari modul praktek berbasis proyek dalam pembelajaran praktek instalasi listrik domestik. Tahap-tahap penelitian meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil pengujian validitas praktek berbasis proyek menunjukkan bahwa media pembelajaran valid. Aspek-aspek tersebut adalah aspek materi, aspek media, dan aspek bahasa. Ini mengindikasikan bahwa modul praktek berbasis proyek valid untuk diterapkan pada proses pembelajaran Praktek Instalasi Listrik Domestik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul praktek yang dikembangkan pada proses pembelajaran Praktek Instalasi Listrik Domestik valid, dapat disimpulkan bahwa modul praktek berbasis proyek valid untuk digunakan pada proses pembelajaran Praktek Instalasi Listrik Domestik untuk mahasiswa Program Studi Teknik Listrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:50
Last Modified: 12 Mar 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item View Item