Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen K3 dan Perilaku Hidup Bersih Sehat Lingkungan Kerja Karyawan Operasional Housekeeping di Imelda Hotel Waterpark Convention

Syahputri, Rici Darma (2020) Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen K3 dan Perilaku Hidup Bersih Sehat Lingkungan Kerja Karyawan Operasional Housekeeping di Imelda Hotel Waterpark Convention. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_RICI_DARMA_SYAHPUTRI_16035127_2845_2020.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti selama melaksanakan pengalaman lapangan industri, terdapatnya karyawan yang masih belum menerapkan K3 pada saat bekerja, seperti belum memakai alat pelindung diri pada saat bekerja, tidak adanya gambar ilustrasi dan himbauan tentang K3 pada area kera, tidak adanya alat pelindung yang yang debrikan hotel kepada laundry section, adanya karyawan yang tdiak berolah raga secara teratur, tidak adanya kegiatan yang bersifat olahraga yang dilaksanakan di hotel, adanya karyawan yang merokok pada saat istirahat kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak manajemen dan karyawan operasional housekeeping. Teknik pengumpulan sampel adalah Purposive Sampling dilihat dan dianalisis kebijakan K3, perencanaan K3, pelaksanaan rencana K3, pemantauan dan evaluasi K3, peninjauan dan peningkatan kinerja K3 Dan PHBS dilihat dan di analisis dari menggunakan alat pelindung diri, tidak merokok, olahraga yang teratur, menjaga kesehatan diri, dan asuransi kesehatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 9 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi langsung melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selanjutnya data dianalisis, direduksi dan di tarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal yang berkaitan dengan sistem manajemen K3 dan PHBS yaitu: a) Sistem Manajemen K3, adanya kebijakan K3 di hotel akan tetapi belum terlaksana dengan baik, sehingga perencanaan K3 di hotel masih belum jelas ukurannya, di hotel sistem untuk mengukur, memantau, dan mengevaluasi kinerja sistem K3 belum jelas adanya. b) Perilaku Hidup Bersih Sehat, jarang memakai alat pelindung diri pada saat bekerja, karyawan banyak yang tidak berolahraga secara teratur, masih banyaknya karyawan yang merokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:50
Last Modified: 12 Mar 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item