Persepsi Pengunjung Tentang Fasilitas Di Objek Wisata Pantai Muaro Sasak Kabupaten Pasaman Barat

Anggram, Reni Julita (2020) Persepsi Pengunjung Tentang Fasilitas Di Objek Wisata Pantai Muaro Sasak Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_RENI_JULITA_ANGGRAM_16135061_3618_2020.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengunjung yang datang ke Objek Wisata Pantai Muaro Sasak, berbagai persepsi yang diberikan oleh pengunjung berguna untuk perkembangan, pembangunan dan pertumbuhan Objek Wisata Pantai Muaro Sasak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung tentang fasilitas di Objek Wisata Pantai Muaro Sasak. Sementara itu beberapa permasalahan yang terdapat di Objek Wisata Pantai Muaro Sasak yaitu banyaknya sampah berserakan di kawasan pantai sehingga merusak keindahan dan pemandangan pengunjung, kurangnya tempat duduk atau tempat beristirahat (gazebo) untuk pengunjung yang datang ke pantai, belum adanya tempat makan dan minum yang representatif, toilet umum yang kurang bersih dan airnya bau, musholla yang sempit dan tidak dirawat dengan baik, dan tidak adanya tempat parkir. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kuantitatif dengan motode survei yang bertujuan untuk melihat persepsi pengunjung tentang fasilitas di Objek Wisata Pantai Muaro Sasak. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dengan skala likert berjumlah 17 pernyataan yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang sedang atau pernah berkunjung ke Objek Wisata Pantai Muaro Sasak. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik non probability sampling metode insidental sampling, dengan jumlah 100 orang atau responden. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan program computer SPSS versi 16.00 Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa persepsi pengunjung tentang fasilitas sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian secara umum atau keseluruahan dapat dilihat bahwa persepsi pengunjung tentang fasilitas di Objek Wisata Pantai Muaro Sasak dapat dikategorikan baik dengan persentase 50% berada pada rentang skor ≥ 67,995. (1) Berdasarkan dari indikator fasilitas pokok dapat dikategorikan baik dengan persentase 54% berada pada rentang skor 13,335 − < 16,005. (2) Berdasarkan dari indikator fasilitas pendukung dapat dikategorikan baik dengan persentase 45% berada pada rentang skor 13,335 − < 16,005. (3) Berdasarkan dari indikator fasilitas pelengkap dapat dikategorikan baik dengan persentase 57% berada pada rentang skor 30 − < 36.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:50
Last Modified: 12 Mar 2021 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30440

Actions (login required)

View Item View Item