Pengembangan Bahan Ajar dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Turnamen Kelas IV Sekolah Dasar

Yati, Widia (2020) Pengembangan Bahan Ajar dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Turnamen Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WIDIA_WATI_18124083_4176_2020 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik pada pembelajaran tema 4 (Berbagai Macam Pekerjaan). Permasalahan pada bahan ajar ini adalah 1) Bahan ajar yang digunakan tidak memiliki petunjuk kegiatan yang jelas, 2) Bahan ajar yang digunakan kurang dapat mengajak siswa aktif secara berkelompok dalam pembelajaran, 3) Kurangnya pemahaman dan kreativitas guru dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV serta perkembangan zaman. Tumamen merupakan sebuah Model Cooperative Learning yang mudah di terapkan pada proses pembelajaran dengan langkah-langkah Class Presentation, Teams, Tumamen, Team Recognition. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang terdiri dari (1) Pendefinisian (Define) yaitu melakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan, analisis peserta didik, (2) Perancangan (Design) yaitu merancang bahan ajar yang akan digunakan, (3) Pengembangan (Develop) sambil melakukan uji validitas, praktikalitas dan efektivitas bahan ajar, (4) Penyebaran (Dessiminate) yaitu melakukan penyebaran bahan ajar yang telah dikembangkan pada Sekolah Dasar lain. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Belanti Barat dan penyebaran di SDN 13 Lolong. Hasil penelitian yang ditemukan adalah bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan rata-rata mencapai 3,73. Hasil uji praktikalitas secara keseluruhan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 87 ,5% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya bahan ajar peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu proses pembelajaran. Hasil uji efektifitas secara keseluruhan diperoleh persentase efektifitas sebesar 87,68 dengan kategori sangat efektif. Demikianlah, bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan berbasis Model Cooperative Learning Tipe Tumamen di kelas IV Sekolah Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:49
Last Modified: 12 Mar 2021 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30430

Actions (login required)

View Item View Item