Panduan Layanan Bimbingan Kelompok menggunakan Pendekatan Konseling Realitas dalam Meningkatkan Kohesi Sosial untuk Pencegahan Tawuran Pelajar

Wahidah, Syarifah (2020) Panduan Layanan Bimbingan Kelompok menggunakan Pendekatan Konseling Realitas dalam Meningkatkan Kohesi Sosial untuk Pencegahan Tawuran Pelajar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SYARIFAH_WAHIDAH_18151068 _3823_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tawuran pelajar di tingkat sekolah semakin meningkat khususnya dikalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah jarang dimanfaatkan untuk pencegahan tawuran pelajar. sebagian besar kegiatan bimbingan kelompok hanya dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan belajar, pribadi, sosial dan karir. Penelitian ini bertujuan (l)menggambarkan kohesi sosial siswa dalam pencegahan tawuran pelajar, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan layanan bimbingan kelompok pendekatan konseling realitas dalam meningkatkan kohesi sosial untuk pencegahan tawuran pelajar, (3)mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektivitas panduan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas dalam meningkatan kohesi sosial untuk pencegahan tawuran pelajar. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument kohesi sosial dalam pencegahan tawuran, daftar wawancara, dan instrumen uji kelayakan materi panduan, instrument uji kelayakan tampilan panduan dan instrument uji keterpakaian panduan. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis nonparametrik dengan uj i statistik Koefisien Kendall's (W) dan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kohesi sosial dalam pencegahan tawuran pelajar cenderung rendah, (2) pelaksanaan bimbingan kelompok masih mengalami keterbatasan untuk mengatasi permasalahan tawuran pelajar, Guru BK belum terampil menyusun panduan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kohesi sosial dalam pencegahan tawuran pelajar, (3)tingkat kelayakan materi berada pada kategori sangat layak dengan persentase 88,62%, dan tampilan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 89,28%, dan tingkat penggunaan panduan pada guru BK berada pada kategori baik dengan persentasi 74,66%. Adanya peningkatan yang signifikan terhadap kohesi sosial dalam pencegahan tawuran pelajar setelah implementasi panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh Guru BK sebagai bahan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling realitas dalam meningkatkan kohesi sosial untuk pencegahan tawuran pelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:49
Last Modified: 12 Mar 2021 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30429

Actions (login required)

View Item View Item