Pewarna Alam Daun Jati (Tectona Grandis) dan BungaKenikir (Cosmoscaudatus) Pada Bahan Katun Menggunakan Mordan Tunjung Serta Implementasinya Dengan Teknik Eco Print

Anggraina, Nadia (2020) Pewarna Alam Daun Jati (Tectona Grandis) dan BungaKenikir (Cosmoscaudatus) Pada Bahan Katun Menggunakan Mordan Tunjung Serta Implementasinya Dengan Teknik Eco Print. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NADIA_ANGGRAINA_16075025_3511_2020.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dampak negatif dari penggunaan pewarna sintetis bagi lingkungan dan kembali menggunakan zat warna alam. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk: 1). mendreskripsikan nama warna (hue) yang dihasilkan dari pencelupan ekstrak Daun Jati (tectona grandis) dan pencelupan Ekstrak Bunga Kenikir (cosmos caudatus) bahan katun menggunakan mordan tunjung, 2).Mendeskripsikan intensitas warna (chroma) hasil pencelupan ekstrak Daun Jati (tectona grandis) dan pencelupan Ekstrak Bunga Kenikir (cosmos caudatus) pada bahan katun dengan mordan tunjung. 3).Mendeskrisikan implementasinya terhadap eco print teknik palu menggunakan daun jati (tectona grandis) dan Bunga Kenikir (cosmos caudatus) pada bahan katun dengan mordan tunjung Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari 15 orang panelis, kemudian data yang terkumpul diolah secara kuantitatif dan dianalisis dengan menggunakan uji Friedmand K Related sampel dan persentase menggunakan SPSS ( statistical product and service solution)versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Nama warna yang dihasil pada pencelupan ekstrak Daun Jati dengan mordan Tunjung menghasilkan warna Canary Yellow dengan R174 G170 B167 sebnayak 46,7% , Nama warna yang dihasilkan pada pencelupan ekstrak Bunga Kenikir dengan mordan Tunjung menghasilkan warna Soft Brown R126 G115 B074 sebanyak 60%. 2). Intensitas warna (chroma) dari pencelupan ekstrak Daun Jati mengasilkan warna cerah, Intensitas warna (chroma) dari pencelupan Bunga Kenikir menghasilkan warna yang kurang cerah. 3) perbedaan teknik dalam mengolah tannin yang dihasilkan oleh Daun Jati dan Bunga Kenikir mengasilkan intensitas warna yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:19
Last Modified: 10 Mar 2021 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30426

Actions (login required)

View Item View Item