Peningkatkan Kemampuan Membuat Maket Peta Wilayah Benua Asia dan Aktivitas Belajar Berkelompok Mata Pelajaran IPS Kelas IX.1 MTsN 3 Kota Padang

Sahir, Syafrimen (2020) Peningkatkan Kemampuan Membuat Maket Peta Wilayah Benua Asia dan Aktivitas Belajar Berkelompok Mata Pelajaran IPS Kelas IX.1 MTsN 3 Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SYAFRIMEN_SAHIR_18161038_1619_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuat maket peta wilayah benua Asia dan aktivitas belajar berkelompok di kelas IX. I MTsN 3 Kota Padang. Rendahnya nilai siswa yaitu 55 % dari KKM yang ditetapkan sekolah dan sulitnya siswa bekerja sendiri dalam membuat maket sehingga perlu pembelajaran secara berkelompok. Penelitian tindakan kelas ini dipilih karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan tujuan penelitian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Ke las atau Classroom Action Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.1.MTsN 3 Kota Padang yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Analisis aktivitas belajar dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif analisis sesuai dengan konsep penelitian tindakan kelas (PTK). Upaya mengetahui perkembangan hasil belajar siswa pada penelitian ini dilakukan dengan tes unjuk kerja pembuatan maket peta benua Asia pada pertemua ketiga siklus I. Penilaian yang diberikan kepada siswa, berguna untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut siswa melakukan tugas tertentu karena apa yang dinilai lebih mencerminkan kemampuan siswa yang sebenamya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan (1) pembuatan maket dalam keterampilan membuat maket secara berkelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (2) aktivitas membuat maket secara berkelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) membuat maket peta secara berkelompok adalah proses pembelajaran dan teknik guru mengajar. Sedangkan, faktor yang mempengaruhi peningkatan proses pembelajaran membuat maket yaitu media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan motivasi dari dalam diri siswa. Berdasarkan data pada siklus I sebesar 80.02% dan siklus II sebesar 91 %. Terdapat peningkatani 10.98%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:20
Last Modified: 10 Mar 2021 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30405

Actions (login required)

View Item View Item