Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Program Linear Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di SMK Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan

Sutiaharni, Sutiaharni (2020) Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Program Linear Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di SMK Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_SUTIAHARNI_18205069_2120_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan dan studi literatur menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik program linear masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang fokus pada buku teks. Sementara penyajian materi program linear pada buku teks belum optimal dan kurang berkontribusi terhadap perkembangan belajar siswa terutama pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh sebab itu, dirancanglah desain pembelajaran topik program linear berbasis Realistic Mathematics Education yang diimplementasikan pada HLT, buku guru dan buku siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggabungkan dua jenis design research yaitu model Plomp dengan model Gravemeijer dan Cobb. Penelitian terdiri dari tiga fase yaitu: preliminary research, development or prototyping phase, dan assesment phase. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan teknik deskriptif Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, daftar checklist, lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran topik program linear berbasis pendekatan RME sudah valid, praktis, dan efektif Dikatakan valid karena telah memenuhi karakteristik kevalidan dari aspek isi, aspek bahasa, aspek penyajian, dan aspek tampilan. Hasil validasi HLT dengan rata-rata 3,45 berada pada kategori valid. Hasil validasi buku guru dengan rata-rata 3,58 berada pada kategori sangat valid. Hasil validasi buku siswa dengan rata-rata 3,56 berada pada kategori sangat valid. Dikatakan praktis karena produk ini mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan efisien, menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran program linear. Hasil angket praktikalitas buku guru dengan rata-rata 89,17% berada pada kategori sangat praktis. Hasil angket praktikalitas buku siswa dengan rata-rata 77,79% berada pada kategori praktis. Selanjutnya dikatakan efektif karena penggunaan desain ini memberikan dampak potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik program linear, dengan rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 81,31.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:20
Last Modified: 10 Mar 2021 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30404

Actions (login required)

View Item View Item