Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Materi Sumpah Pemuda dan Jati Diri Keindonesiaan di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.

Oscar, Nofrialdi (2021) Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Materi Sumpah Pemuda dan Jati Diri Keindonesiaan di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NOFRIALDI_OSCAR_1106575_2987_2021.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berfikir Higher Order Thinking Skills (Hots) peserta didik yang masih rendah pada mata pelajaran Sejarah. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Oleh sebab itu peneliti igin mengmebangkan soal Sejarah pada materi “Sumpah Pemuda Dan Jati Diri Keindonesiaan” di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan yaitu pengembangan desain penelitian formatif oleh Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap Prototyping dan tahap field test. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta diidk kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar validasi. Kevalidan diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan instrumen tes yang dikembangkan sudah baik berdasarkan konten (sesuai dengan kurikulum dan materi), konstruk (sesuai dengan karakteristik/indikator HOTS), dan bahasa (sesuai dengan kaidah yang berlaku/EYD). Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap prototype dan field tes dihasilkan instrumen tes yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan yaitu valid dan reliabel serta tingkat kesukaran tes dan daya pembeda instrumen tes secara keseluruhan sudah baik. Instrumem tes dinyatakan valid dengan melihat nilai va yang dihasilkan adalah 4,13 dengan kategori valid. Reliabilitas instrumen tes dinyatakan reliable berdasarkan analisis instrumen tes yang diperoleh adalah 0,786 dengan interpretasi yang tinggi. Pada analisis tingkat kesukaran instrumen tes dapat diketahui bahwa tidak terdapat butir soal tes yang tidak layak yaitu memiliki tingkat kesukaran dengan kategori mudah dan sedang. Pada analisis daya pembeda dapat diketahui bahwa tidak ada daya pembeda yang sangat buruk. sehingga menghasilkan instrumen tes yang baik dengan jumlah butir tes soal uraian sebanyak 15 butir soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)

H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:44
Last Modified: 09 Mar 2021 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item View Item