Potensi Bacillus sp. dalam Menghasilkan Indole Acetic Acid (IAA) serta Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Kecambah Benih Cabai Merah(Capsicum annuum L)

Saputri, Yulanda (2020) Potensi Bacillus sp. dalam Menghasilkan Indole Acetic Acid (IAA) serta Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Kecambah Benih Cabai Merah(Capsicum annuum L). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_YULANDA_SAPUTRI_16032045_2100_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Indole Acetic Acid (IAA) merupakan bentuk alami hormon auksin yang mempengaruhi banyak aspek dari pertumbuhan dan perkembangan tanaman. IAA berfungsi untuk pemacu pertumbuhan tanaman, meregulasi proses fisiologi dan menstimulasi pertumbuhan tanaman seperti pemanjangan dan pembesaran sel. Tidak hanya tanaman yang mampu menghasilkan IAA namun beberapa bakteri diantaranya Bacillus sp. juga dapat menghasilkannya. Perbanyakan cabe merah menggunakan biji. Kulit biji yang keras dapat menghambat perkecambahan. Perkecambahan biji dapat dipercepat dengan perlakuan menggunakan Bacillus sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi Bacillus sp menghasilkan IAA dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan kecambah benih cabai merah (Capsicum annuum L.) Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 kali ulangan. Isolat yang digunakan LAHC1 (B), LAHJ1 (B), LAHLS (B), LAHT1 (B), LAHCS2 (B) dan kontrol. Data potensi Bacillus sp. dalam menghasilkan IAA dianalisis secara deskriptif dan data kemampuan isolat Bacillus sp. mempercepat perkecambahan benih cabai merah dianalisis menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji lanjut DNMRT dengan taraf nyata 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa isolat Bacillus sp. berpotensi menghasilkan IAA, dan isolat Bacillus sp. tidak berpengaruh terhadap daya kecambah, namun berpengaruh nyata terhadap panjang akar, berat basah dan berat kering kecambah cabai merah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:44
Last Modified: 09 Mar 2021 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30383

Actions (login required)

View Item View Item