Analisis Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Mata Pelajaran IPA tingkat SMP di Kota Padang Tahun 2018-2019

Ramadanni.B, Yofva (2019) Analisis Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Mata Pelajaran IPA tingkat SMP di Kota Padang Tahun 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_YOFVA_RAMADANNI.B_16231081_2455_2020.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat bagaimana capaian UNBK dan daya serap peserta didik terhadap indikator yang diujikan dalam UNBK tahun 2018 dan 2019 di Kota Padang. Penelitian ini menganalisis hasil UNBK mata pelajaran IPA di Kota Padang dan respon peserta didik terhadap indikator yang diujikan dalam UNBK mata pelajaran IPA tahun 2018 dan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek penelitian berupa dokumen data hasil UNBK mata pelajaran IPA tingkat SMP, daya serap peserta didik terhadap materi IPA yang diujikan pada UNBK tahun 2018 dan tahun 2019, dan peserta didik yang sudah mengikuti UNBK tahun 2018 dan 2019 sebagai informan. Data yang diambil melalui website www.hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id dan respon siswa tentang materi dan indikator yang dianggap mudah dan sulit. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik di Sumatra Barat yang mengikuti UNBK pada Tahun 2018 terdiri dari 19 Kabupaten. Kota Padang memperoleh peringkat 3 di Provinsi dengan nilai rata-rata 52,71 pada mata pelajaran IPA. Sedangkan pada Tahun 2019 ada 18 Kabupaten yang mengikuti UNBK Kota Padang memperoleh peringkat ke 2 dengan nilai rata-rata 58,98 pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan persentase dalam peserta didik menjawab benar yaitu indikator “Menentukan jenis logam x dari daftar kalor jenis beberapa logam dalam tabel” banyak dikuasai peserta didik dengan persentase 90,14 pada Tahun 2018 sedangkan pada Tahun 2019 yaitu indikator “Menentukan gambar yang menunjukkan tiga (3) ciri makhluk hidup” dengan persentase 85,75. Indikator yang tidak banyak dikuasai siswa pada Tahun 2018 adalah indikator “Menentukan larutan asam, basa, atau garam dari tabel perubahan indikator asam basa” dengan persentase 23,51 dan indikator “Disajikan iluistrasi dua orang penderita cacat mata menggunakan kacamata. Menentukan perbandingan jarak baca kedua orang tersebut” pada Tahun 2019 dengan persentase 27,14. Berdasarkan kuesioner yang dilakukan secara online peserta didik menganggap mudah pada materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya dan banyak menganggap sulit materi Gelombang, Listrik dan Magnet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:43
Last Modified: 09 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30381

Actions (login required)

View Item View Item