Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Adobe Flash CS6 pada Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita untuk Siswa Kelas V SD.

Harun, Gustiayu Juita (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Adobe Flash CS6 pada Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita untuk Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_GUSTIAYU_JUITA_HARUN_16129322_3780_2020.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan IPTEK mendorong upaya pembaruan dan pemanfaatan hasil teknologi melalui penggunaan media pembelajaran. Namun kenyataan yang ditemukan dilapangan penggunaan media pembelajaran konvensional masih sangat banyak ditemukan, guru-guru belum mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk menciptakan suatu pembaruan dengan adanya bantuan teknologi. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses dan tingkat kelayakan pengembangan multimedia interaktif dengan software Adobe Flash CS6 pada tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita untuk siswa kelas V SD?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif dengan software Adobe Flash CS6 pada tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita untuk siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian adalah multimedia interaktif dengan softwarei Adobe Flash CS6 pada tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya pembelajaran 1,2, dan 5. Uji coba dilakukan pada tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk menilai apakah multimedia interaktif yang dikembangkan layak dari segi media, materi, dan bahasa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan tahap-tahap Berdasarkan tahap-tahap pada model pengembangan ini diperoleh hasil validitas multimedia interaktif dengan software Adobe Flash CS6 pada tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita untuk siswa Kelas V SD dinyatakan Valid dengan persentase 84,44% yang berarti multimedia interaktif dapat digunakan sebagai multimedia interaktif kelas V tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya pembelajaran 1, 2, dan 5 di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:43
Last Modified: 09 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30380

Actions (login required)

View Item View Item