Pengaruh Model Problem Solving Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global di SMP Negeri 29 Padang

Khairiyah, Yaumil (2020) Pengaruh Model Problem Solving Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global di SMP Negeri 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_YAUMIL_KHAIRIYAH_16231079_2454_2020.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat peserta didik kurang aktif dalam memecahkan masalah dan menemukan sebuah ide dalam pembelajaran, sehingga kompetensi peserta didik rendah baik itu dari kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang hanya mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru (teacher centered). Dengan rendahnya kompetensi belajar peserta didik usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model problem solving bermuatan literasi sains. Model ini sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dimana menuntut peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran (student centered). Tujuan penelitian adalah menggambarkan pengaruh model problem solving bermuatan literasi sains didalam pembelajaran pada materi Pemanasan Global terhadap kompetensi peserta didik di SMP Negeri 29 Padang. Jenis penelitiannya adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design. Dalam penelitian ini dikelompokkan secara random menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Padang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 9 kelas. Untuk pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan lembar penilaian produk untuk kompetensi keterampilan. Untuk hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Hasil analisis data yang didapatkan yaitu data terdistribusi normal dan homogen. Dengan menggunakan uji-t didapatkan bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung 3,27> ttabel 1,68, pada kompetensi sikap thitung 4,10> ttabel 1,68, dan pada kompetensi keterampilan thitung 2,77> ttabel 1,68. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan adanya pengaruh yang berarti dalam penerapan model problem solving bermuatan literasi sains terhadap kompetensi peserta didik pada materi pemanasan global di SMP Negeri 29 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:43
Last Modified: 09 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30374

Actions (login required)

View Item View Item