Afarisa, Tania (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Kooperatif Tipe Think Pair Square pada Materi Segiempat dan Segitiga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_02_TANIA_AFARISA_16029135_3968_2020.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model kooperatif tipe Think Pair Square pada materi segiempat dan segitiga untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model kooperatif tipe Think Pair Square pada materi segiempat dan segitiga yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase pengembangan (Development or Prototyping Phase), dan fase penilaian (Assessment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Fase pengembangan merupakan tahap untuk merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari prototype 1, dan prototype 2. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert reviews. Expert reviews dilakukan untuk melihat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pada prototype 2 dilakukan ujicoba satu-satu (One-to-One Evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif heterogen. Tahap terakhir yaitu fase penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis model kooperatif tipe Think Pair Square pada materi segiempat dan segitiga dari segi kelayakan isi, model kooperatif tipe Think Pair Square, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mempunyai tingkat validitas 83,33% dengan kategori sangat valid. LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket respon tiga orang peserta didik yang telah melaksanakan One-to-One Evaluation dengan persentase sebesar 91,48%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis model kooperatif tipe Think Pair Square pada materi segiempat dan segitiga untuk peserta didik kelas VII SMP dapat dinyatakan valid dan praktis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 02:43 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 02:43 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30370 |
Actions (login required)
View Item |