Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) dengan Sistem Zonasi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 12 dan 16 Kota Padang

Safitri, Messy Ani (2021) Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) dengan Sistem Zonasi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 12 dan 16 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MESSY_ANI_SAFITRI_16042019_4137_2021.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak kebijakan PPDB dengan sistem zonasi pada SMAN di Kota Padang. Kebijakan PPDB dengan sistem zonasi merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam melakukan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia. Kebijakan PPDB dengan sistem zonasi merupakan kebijakan yang berorientasi kepada jarak terdekat dari rumah ke sekolah. Tujuan kebijakan PPDB dengan sistem zonasi berdasarkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 untuk peningkatan akses layanan pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta dilakukan reduksi data agar bisa ditarik kesimpulan yang akurat dari data yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kebijakan PPDB zonasi di Kota Padang mengalami berbagai peramasalahan, sehingga mondorong munculnya pro dan kontra. Pemerintah sebagai pihak implementor menyatakan PPDB dengan sistem zonasi pada SMAN di Kota Padang terlaksana dengan baik serta tujuannya sudah tercapai dengan mudahnya peserta didik yang dekat dengan sekolah untuk masuk ke sekolah tersebut. Namun masyarakat sebagai objek yang terkena dampak kebijakan tersebut menyatakan banyak permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan sistem zonasi diantaranya, belum terpenuhinya transparansi, akuntabilitas dan keadilan dalam akses layanan pendidikan. Penelitian ini, menyimpulkan kebijakan PPDB zonasi di Kota Padang adalah strategi terutama diera digital ini. Hal ini, karena kebijakan ini dapat menjamin kemudahan dalam akses pelayanan pendidikan, transparansi, akuntabilitas dan keadilan bagi masyarakat. Namun demikian, kebijakan PPDB zonasi di Kota Padang belum terlaksana sebagaimana mestinya, sehingga berdampak pada semakin sulitnya mewujudkan capaian tujuan kebijakan . Sebaiknya, Pemerintah Kota Padang berusaha untuk mengoptimal capaian tujuan kebijakan dengan fokus pada terpenuhinya kebutuhan masyarakat dalam memperoleh pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:42
Last Modified: 09 Mar 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item View Item