Aini, Syarifah (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan adobe flash profesional cs6 tentang materi interaksi makhluk Hidup dengan lingkungan untuk Peserta didik kelas vii SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_04_SYARIFAH_AINI_16031064_2275_2020.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik menjadi permasalahan dalam pembelajaran IPA. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, guru seharusnya kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi untuk merancang pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan di SMPN 18 Padang, menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih menggunakan media konvensional yang kurang menarik minat peserta didik. Salah satu alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Flash Professional CS6. Adobe Flash Professional CS6 adalah software yang dapat digunakan untuk mengembangkan game, aplikasi pembelajaran atau video simulasi secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Flash Professional CS6 tentang materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs yang valid. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan model Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP dan 32 orang peserta didik kelas VII SMPN 18 Padang. Objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Flash Professional CS6 tentang materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs. Data penelitian adalah data validitas. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Adobe Flash Professional CS6 tentang materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs. Dari uji validitas diperoleh nilai validitas rata-rata sebesar 93,70% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasill tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 02:42 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 02:42 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30363 |
Actions (login required)
View Item |