Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Moodie pada Mata Pelajaran Administrasi lnfrastruktur Jaringan di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang

Azmi, Rahmi Anita (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Moodie pada Mata Pelajaran Administrasi lnfrastruktur Jaringan di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RAHMI_ANITA_AZMI_18138022_2656_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang singkat menyebabkan rendahnya konsentrasi siswa terhadap pemahaman materi Administrasi Infrastruktur Jaringan sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan metode belajar yang digunakan masih menggunakan metode ceramah dan pemilihan media yang masih kurang memotivasi siswa belajar mandiri. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan yang valid, praktis dan efektif guna meningkatkan motivasi belajar sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 40. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: Define, Design, Develop, and Disseminate. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI yang mengambil mata pelajaran Administrasi dan Infrastruktur Jaringan Bidang Keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: ( 1) Media Pembelajaran berbasis web, (2) Validitas media pembelajaran web yang valid dengan nilai 0,82>0,61; (3) Pada praktikalitas berdasarkan dari respon guru dinyatakan sangat praktis dengan nilai 91, 7% dan pada respon siswa dengan nilai 84.68%. (4) Untuk hasil efektivitas diperoleh dari pretest dan posttes dengan menggunakan uji ketuntasan klasikal dengan persentase ketuntasan 93,55% dan uji gain score 0,51 dengan kategori sedang. (5) Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web telah valid, praktis dan efektif dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:42
Last Modified: 09 Mar 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30362

Actions (login required)

View Item View Item