Kontribusi Perempuan Nelayan (Studi Kasus: Istri Nelayan Sambilan di Nagari Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pesisir Kabupaten Pasaman Barat)

Rahman, Putri Anita (2020) Kontribusi Perempuan Nelayan (Studi Kasus: Istri Nelayan Sambilan di Nagari Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pesisir Kabupaten Pasaman Barat). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_PUTRI_ANITA_RAHMAN_18161032_1819_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keinginan perempuan (istri nelayan) untuk menciptakan perubahan kehidupan keluarga nelayan kearah yang lebih baik melalui partisipasi dan peran yang dilakukannya didalam rumah tangga dan diluar rumah tangga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengungkapkan; (1) bentuk partispasi perempuan (istri nelayan) sambilan dalam meningkatkan ekonomi keluarganya, (2) peran perempuan (istri nelayan) sambilan yang bekerja dalam menjalankan beban gandanya. Penelitian ini termasuk dalam kajian sosiologi gender khususnya kajian tentang beban kerja ganda ( double burden). J enis penelitian menggunakan metode campuran, pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara mendalam dan memanfaatkan studi dokumen. Teknik pemilihan informan dilakukan snowball sampling. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data, analisis data. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan interaktif yang dikembangkan oleh Mathew Milles dan Huberman. Temuan dilapangan menunjukkan bahwa bentuk partispasi perempuan (istri nelayan) sambilan dalam meningkatkan ekonomi keluarganya adalah dengan terlibat dan ikut serta dalam menekuni beragam jenis pekerjaan sampingan disektor perikanan ataupun non-perikanan, kemudian peranan perempuan (istri nelayan) sambilan yang bekerja dalam menjalankan beban gandanya yaitu dengan melakukan peran produktif (yang berkaitan dengan produksi pangan olahan ikan dan jasa untuk mendapatkan penghasilan selanjutnya peran reproduktifnya yaitu (pekerjaan yang berkaitan dengan perawatan dan pemeliharaan rumah tangga dan anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:42
Last Modified: 09 Mar 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30361

Actions (login required)

View Item View Item