Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan

Sari, Sonia Chantika (2020) Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_SONIA_CHANTIKA_SARI_16231070_3713_2020.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata pada kemampuan kognitif siswa antara kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran PBL berbasis STEM, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis STEM terhadap kemampuan kognitif siswa SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang untuk masing-masing kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes tulis pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah kesamaan dua rata-rata untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif pada kelas ekspeimen. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t, yaitu thitung (3,85) > ttabel (1,67) pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk =60. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL berbasis STEM terhadap kemampuan kognitif siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:42
Last Modified: 09 Mar 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30358

Actions (login required)

View Item View Item