Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together dan Kemampuan Awai terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIA MAN Kota Solok

lnsyani, Nurdawani Putri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together dan Kemampuan Awai terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIA MAN Kota Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NURDAWANI_PUTRI_INSYANI_17177024_1664_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, guru masih cenderung menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, walaupun metode diskusi juga sekali­kali diterapkan, dengan metode tersebut menyebabkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan kompetensi peserta didik pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model NHT dan memperhatikan kemampuan awal di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model NHT dan Kemampuan Awal terhadap kompetensi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen semu dengan rancangan penelitian Factorial Design 2x2. Populasi peserta didik kelas X MIA MAN Kota Solok yang terdaftar pada tahun 2019/2020. Pengambilan dua kelas sampel dengan menggunakan teknik saturation sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk kompetensi pengetahuan menggunakan uji anova dua arah dan untuk kompetensi sikap serta keterampilan menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan software SPSS 16. Kompetensi ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik yang mengikuti model pembelaj aran NHT berpengaruh positif secara signifikan dari pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Nilai rata­rata kompetensi ranah pengetahuan kelas eksperimen adalah 83, 10 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata­rata 76,83. Nilai rata­rata kompetensi ranah sikap pada kelas eksperimen dengan kategori baik (3,42) dan pada kelas kontrol dengan kategori cukup (2,97). Nilai rata­rata kompetensi ranah keterampilan peserta didik kelas eksperimen dengan kategori B+ (3,46) sedangkan kelas kontrol dengan kategori B­ (2,53). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran NHT dengan kemampuan awal. Jadi dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kompetensi belajar ranah pengetahuan peserta didik; (2) Model pembelajaran NHT dan kemampuan awal berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik; (3) Penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kompetensi belajar ranah sikap peserta didik; (4) Penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kompetensi belajar ranah keterampilan peserta didik; (5) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran NHT dengan kemampuan awal peserta didik dalam mempengaruhi kompetensi pengetahuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:34
Last Modified: 08 Mar 2021 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30354

Actions (login required)

View Item View Item