Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik kelas VII SMP/MTs

Anggraini, Roci (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_ROCI_ANGGRAINI_16231065_3660_2020.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning yang valid materi pencemaran lingkungan untuk siswa SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau prototype dan tahap penilaian. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara, angket observasi, angket evaluasi diri, angket uji validitas dan angket evaluasi one to one. Modul divalidasi oleh 3 orang dosen FMIPA UNP. Tahap evaluasi one to one dilakukan terhadap 3 siswa SMPN 3 Koto XI Tarusan yang memiliki tingkat kemampuan akademik berbeda. Hasil uji validitas modul diperoleh nilai rata-rata 81,95% dengan kriteria valid. Hasil evaluasi one to one menunjukkan bahwa tampilan modul menarik disertai dengan gambar dan bahasa yang mudah dipahami. Kesimpulan yang diperoleh adalah modul memiliki kriteria valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:33
Last Modified: 08 Mar 2021 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30337

Actions (login required)

View Item View Item