Pengembangan Kecerdasan Linguistik Anak dalam Berbicara melalui Media Audio Visual dan Tematik Terpadu di Taman Kanak-kanak Matahari Saning Bakar

Saadah, Nailis (2020) Pengembangan Kecerdasan Linguistik Anak dalam Berbicara melalui Media Audio Visual dan Tematik Terpadu di Taman Kanak-kanak Matahari Saning Bakar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NAILIS_SAADAH_17330033 _3020_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan peneliti pada riset awal keterampilan anak dalam berbicara masih kurang seperti kesulitan dalam mengungkapkan perasaanya kepada orang lain, belum tepat dalam mengucapkan kata-kata dan kalimat, belum ada keberanian anak untuk bercerita tentang pengalamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan kecerdasan linguistik Anak U sia Dini dalam berbicara melalui media Audio visual dan tematik terpadu, menghasilkan media audio visual untuk dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara. Penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate) Penelitian ini dilakukan di TK Matahari Saning Bakar Kabupaten Solok. Subjek penelitian ini adalah anak lokal B 1. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media audio visual. Data kepraktisan dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan RPPH, angket respons guru dan respons anak, serta observasi penggunaan media audio visual. Keefektifan dilihat dari aktivitas, proses dan analisis hasil belajar anak. Uji validitas diperoleh rata-rata 92,3% dengan kategori valid. Data tingkat kepraktisan media ketika digunakan dalam proses pembelajaran melalui lembar observasi keterlaksanaan RPPH 80 %. Angket respons guru 90,63 %, respon anak 93,8 %. Uji efektivitas berupa efek positif dari keberhasilan media udio visual terhadap aktivitas anak dalam belajar 95,5 % dengan kategori sangat aktif, ketuntasan belajar 92,6 % dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan kecerdasan linguistik anak dalam berbicara melalui media audio visual valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:33
Last Modified: 08 Mar 2021 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30331

Actions (login required)

View Item View Item