Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipethe Power Of Two Terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Pada Tingkat SMP

Saputri, Riri Erlina (2020) Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipethe Power Of Two Terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Pada Tingkat SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIRI_ERLINA_SAPUTRI_16031076_2814_2020.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti yang menunjukkan rendahnya kompetensi belajar peserta didik pada kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe the Power of Two. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik pada tingkat SMP berdasarkan studi literatur. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan mencari referensi dari teori yang relavan dengan penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh artikel yang digunakan dalam penelitian yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan kompetensi belajar peserta didik pada tingkat SMP. Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan cara purposive sampling. Sampel yang terpilih ada sebanyak 5 artikel yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan kompetensi belajar peserta didik pada tingkat SMP. Jenis data penelitian ini adalah data sekunder dengan sumber data didapatkan dari penelitian 5 artikel yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif tipe the power of Two dan kompetensi belajar peserta didik. Hasil penelitian dari review beberapa artikel didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen memiliki rata-rata kelas yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pada aspek sikap didapatkan hasil bahwa rata-rata kompetensi sikap peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pada aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan studi literatur terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik pada tingkat SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:33
Last Modified: 08 Mar 2021 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30329

Actions (login required)

View Item View Item