Kurniawan, Randiju (2020) Pengembangan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Topik Induksi Matematika Kelas XI MIPA SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_02_RANDIJU_KURNIAWAN_16029074_4016_2020.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada topik induksi matematika kelas XI MIPA SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan/pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Pada tahap investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik sehingga diperoleh karakteristik bentuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pada tahap pengembangan/ pembuatan prototype dilakukan pembuatan rancangan Prototipe perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis PBL untuk materi induksi matematika. Prototype tersebut harus melalui evaluasi formatif berupa evaluasi sendiri dan evaluasi pakar untuk memperoleh prototype yang valid. Tahap terakhir adalah penilaian, penilaian ini bertujuan untuk menentukan kriteria kepraktisan dari prototype LKPD yang dilakukan setelah dilaksanakannya evaluasi perorangan. Penelitian ini dilaksanakan pada saat Covid-19 sedang mewabah, sehingga ada beberapa tahap penelitian yang tidak bisa dilaksanakan dengan semestinya. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan/pembuatan prototype bagian evaluasi satu-satu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperolehnya perangkat pembelajaran berbasis PBL pada topik induksi matematika berupa RPP dan LKPD yang dikategorikan valid dan praktis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 02:19 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 02:19 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30317 |
Actions (login required)
View Item |