Panduan Layanan Informasi tentang Pendidikan karakter berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh)Asli (UreungAceh) untuk Siswa SMA

Fadilla, Dina Rizki (2020) Panduan Layanan Informasi tentang Pendidikan karakter berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh)Asli (UreungAceh) untuk Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_DINA_RIZKI_FADILLA_18151058_3685_2020.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Layananinformasi di SMA jugatidakberjalandengansemestinya, tidakada jam khususuntukpelayanan BK. Penelitianinibertujuan (1)menghasilkanpanduanpendidikankarakterberbasisbudaya Aceh asli (ureung Aceh)Asli (ureung Aceh)untuksiswa SMA yang valid, (2) memaparkanlayananinformasi yang diberikanoleh Guru BK/Konselormengenaipendidikankarakterberbasisbudaya Aceh asli (ureung Aceh)Asliuntuksiswa SMA, (3)menghasilkanpanduanlayananinformasitentangpendidikankarakterberbasisbudaya Aceh asli (ureung Aceh)Asli (ureung Aceh) yang efektifkepadasiswa SMA. Metodepenelitianyang digunakanialahpenelitianpengembangan dengan modelADDIE(analyze, design, development, implementationand evaluation).Subyekpenelitiansiswa SMA danGuru BK/KonselordiSekolah. Validasipanduandilakukanolehenamahliyang terkaitdenganmateridan tampilan panduan layanan, sertaujiketerpakaian dilakukan olehtigaorang Guru BK.Pengumpulan data padapenelitianinimenggunakan instrument pendidikankarakterbudaya AcehAsli (ureung Aceh), daftarwawancara, dan instrument ujikelayakanmateripanduan, instrument ujikelayakantampilanpanduandan instrument ujiketerpakaianpanduan. Datahasilpenelitiandianalisisdengananalisisdeskriptif,analisis kualitatif dananalisisnonparametrikdenganujistatistikKoefisienKendall’s(W)dan uji Wilcoxon Rank Test. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa. (1) tingkatpendidikankarakterberbasisbudaya Aceh asli (ureung Aceh)cenderungmasihrendahdenganpersentase (47,5%), (2) layanan informasi untuk meningkatkan pendidikan karakter berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh) masih memiliki hambatan, yaitu tidak adanya jam khusus bagi BK untuk memberikan layanan informasi kepada siswa SMA, (3)panduan layanan informasi tentang pendidikan karakter berbasis budaya Aceh asli (ureung Aceh) valid dalam hal materi dengan persentase (87,4%), dan dalam hal tampilan dengan persentase (95%), praktis dengan persentase (88%) layak untuk digunakan oleh Guru BK, serta efektif untuk SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang dengan persentase (65%) untuk sangat tinggi dan (35%) untuk kategori tinggi serta efektif untuk SMA Negeri Unggul Cut Nyak Dhien Langsa dengan persentase (60%) untuk kategori sangat tinggi dan (40%) untuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:18
Last Modified: 05 Mar 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30305

Actions (login required)

View Item View Item