Hubungan Regulasi Diri dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah

Dewi, Dila Tri Buana (2020) Hubungan Regulasi Diri dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_DILA_TRI_BUANA_DEWI_16006011_3239_2020.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Peraturan sekolah dibuat agar dapat terselenggaranya kegiatan sekolah dengan baik dan tercapainya tujuan sekolah secara efektif.Kepatuhan para siswa terhadap peraturan sekolah adalah menjadi keharusan, agar pembelajaran berlangsung sesuai dengan harapan.Salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan siswa terhadap peraturan sekolah adalah tingkat regulasi diri.Fenomena yang banyak terjadi adalah masih banyak ditemukan siswa yang melanggar peraturan sekolah.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran tentang hubungan antara regulasi diri dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa SMK N 1 Pariaman Kota Pariaman Sumatera Barat. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif korelasional, yaitu untuk mendeskripsikan dan menemukan hubungan antara dua variabel, yaitu regulasi diri dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Populasi penelitian adalah siswa SMK N 1 Pariaman dan sampel ditarik dengan menggunakan teknik stratified proposional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket berskala, yang disebarkan melalui aplikasi google form. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebanyakan siswa memiliki tingkat regulasi diri yang tinggi dan kebanyakan siswa memiliki kepatuhan terhadap peraturan sekolah yang tinggi.Selanjutnya, temuan penelitian juga menunjukkan bahwa regulasi diri dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah agar senantiasa memberikan dukungan berupa pendidikan karakter untuk siswa dan khususnya kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat memberikan layanan yang membantu meningkatkan kepatuhan siswa terhadap peraturan sekolah dan mencegah serta mengentaskan permasalahan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:18
Last Modified: 05 Mar 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30302

Actions (login required)

View Item View Item