Peningkatan Proses Pembelajaran Tema 3 Subtema 1, 2, dan 3 dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV UPT SDN 05 Salido Kecil

Fitri, Dayana Kurnia (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tema 3 Subtema 1, 2, dan 3 dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV UPT SDN 05 Salido Kecil. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_DAYANA_KURNIA_FITRI_16129299_3489_2020.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tema 3 yang kurang terlaksana dengan baik, masih dalam proses menuju penyempurnaan. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran tematik terpadu kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk penigkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 24 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tema 3 dengan model Problem Based Learning. Teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan peningkatan proses pembelajaran tema 3 dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 85,71% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik SB). (2) Penilaian pelaksanaan aspek guru siklus I adalah 80,00% dengan kualifikasi baik (B), siklus II meningkat menjadi 95,00% dengan kualifikasi sangat baik (SB). (3) Penilaian pelaksanaan aspek peserta didik siklus I adalah 80,00% dengan kualifikasi baik (B). Siklus II meningkat menjadi 95,00% dengan kualifikasi sangat baik (SB). (4) Penilaian pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 77,89% dengan kualifikasi baik (B). Siklus II meningkat menjadi 85% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian, pembelajaran tema 3 dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran pada tema 3 kelas IV UPT SDN 05 Salido Kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:18
Last Modified: 05 Mar 2021 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30301

Actions (login required)

View Item View Item