Pengemembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Getaran Gelombang dan Bunyi Kelas VIII SMP N 4 Padang

Azizah, Nikmatul (2020) Pengemembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Getaran Gelombang dan Bunyi Kelas VIII SMP N 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_NIKMATUL_AZIZAH_16231049_3764_2020.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan menekankan pendekatan pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan potensi diri, berkolaborasi dengan lingkungan, mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan sekolah memfasilitasi peserta didik terlibat dalam lingkungan sosialnya. Pendekatan ilmiah yang sesuai adalah pembelajaran berbasis kearifan lokal atau etnosains. Berdasarkan observasi di SMP N 4 Kota Padang didapati hasil bahwa kurangnya minat peserta didik dalam pelajaran IPA diakibatkan sajian pembelajaran dalam buku paket masih monoton terhadap materi. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti mengembangan Modul IPA terpadu berbasis etnosains atau kearifan lokal Sumatera Barat, yang mudah dipahami untuk digunakan peserta didik SMP sehingga dapat meningkatkan minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul IPA Terpadu berbasis etnosains materi getaran, gelombang dan bunyi, yang kemudian diuji validitasnya sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Modul ini divalidasi oleh 3 orang validator, uji kevalidan dari masing-masing validator didapatkan hasil uji validitas bahan ajar IPA valid digunakan untuk penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk modul IPA yang telah dikembangakn oleh peneliti bahwa Modul IPA Terpadu berbasis Enosains dapat digunakan dengan kategori sangat valid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:09
Last Modified: 04 Mar 2021 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30293

Actions (login required)

View Item View Item