Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP N 1 Kec. Kapur IX

Ayunda, Nabilla (2020) Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP N 1 Kec. Kapur IX. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NABILLA_AYUNDA_15029106_4268_2020.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar hubungan antara motivasi dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di UPTD SMP N 1 Kec. Kapur IX. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif kausal, yang berarti mengumpulkan data dan mengukurnya dalam bentuk deskripsi dan angka. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel 51 orang dari populasinya seluruh peserta didik kelas VIII di UPTD SMP N 1 Kec. Kapur IX. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa angket atau kuesioner yang tersusun atas 30 butir pernyataan tertulis dengan skala likert , yang mana peserta didik diminta memilih satu jawaban dari lima alternatif jawaban yang disediakan. Angket atau kuesioner yang digunakan adalah angket yang telah dikatakan valid dan reliabel. Dan data hasil belajar matematika peserta didik diambil dari nilai ujian akhir semester genap dari mata pelajaran matematika. Didalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel X ( motivasi belajar matematika) dan variabel Y (hasil belajar matematika) yang mana sumbangan antar variabel dihitung dengan menggunakan rumus koefisien determinan (KP). Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi nilai r dengan besaran korelasi 0,778 maka motivasi belajar berkorelasi tinggi dengan hasil belajar. Uji signifikansi diperoleh nilai P – Value = 0,002 yang berarti hubungan dua variabel tersebut signifikan pada taraf 0,05. Nilai rtabel untuk 51 responden pada signifikansi 5% diperoleh nilai rtabel = 0,273 maka dapat diketahui rhitung lebih besar dari pada rtabel. Dengan nilai KP sebesar 60% artinya motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik memiliki pengaruh sebesar 60% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:09
Last Modified: 04 Mar 2021 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item