Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) untuk Pencegahan Agresivitas Siswa

Wulandari, Annike Putri (2020) Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) untuk Pencegahan Agresivitas Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_ANNIKE_PUTRI_WULANDARI_17151009_4181_2020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan yang dilakukan remaja merupakan bagian penting dalam mengatasi perilaku agresivitas. Pengambilan keputusan tersebut tergambar dalam determinasi diri (self determination), karena determinasi diri (self determination) lebih kepada kapasitas seseorang untuk memilih dan menentukan suatu tindakan yang hendak dicapainya. lndividu memiliki determinasi diri (self determination) rendah akan mudah melakukan tindakan atau perilaku menyimpang salah satunya perilaku agresivitas. Pencegahan agresivitas melalui upaya peningkatan determinasi diri (self determination) dapat dilakukan melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh Guru BK/Konselor. Oleh karena itu, diperlukan panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan determinasi diri (self determination) terhadap agresivitas, (2) mengembangkan dan menghasilkan panduan bimbingan kelompok yang valid, praktis dan efektif dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas yang layak digunakan oleh Guru BK/Konselor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 3 orang ahli untuk menguji kelayakan tampilan panduan, 3 orang ahli untuk menguji kelayakan materi panduan dan 4 orang Guru BK/Konselor untuk menguji keterpakaian panduan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas siswa berada pada kategori rendah, (2) panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas dinilai layak secara isi dan sangat layak secara tampilan, tingkat keterpakaian panduan pada kategori sangat baik dan tingkat efektivitas panduan mengalami peningkatan sebelum dan sesudah diberi panduan. Panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas dapat digunakan sebagai media oleh Guru BK/Konselor di sekolah. Dengan demikian, prototype panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas dapat dimanfaatkan oleh Guru BK/Konselor untuk membantu siswa meningkatkan determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:08
Last Modified: 04 Mar 2021 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30275

Actions (login required)

View Item View Item