Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kompetensi Pengetahuan siswa kelas VIII materi Sistem Gerak pada Mahkluk Hidup SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan

Apsari, Messy (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kompetensi Pengetahuan siswa kelas VIII materi Sistem Gerak pada Mahkluk Hidup SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_MESSY_APSARI_16231040_3714_2020.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kompetensi pengetahuan siswa kelas VIII tentang materi sistem gerak pada mahkluk hidup di SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah penelitian semu (Quasy Experient Research). Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Non Equevalen Control Grup. Sampel pada penelitian ini adalah 15 orang untuk masing-masing kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model inkuiri dan kelas VIII.3 kelas sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes tulis. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, Hasil perhitungan statistik didapatkan harga thitung sebesar 2,840 > ttabel sebesar 1,753 dengan taraf signifikansi 0,008 ˂ 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model inkuiri terhadap kompetensi pengetahuan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:08
Last Modified: 04 Mar 2021 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30270

Actions (login required)

View Item View Item