Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Mardiah, Mardiah (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MARDIAH_16031100_2998_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kemampuan berpikir yang meliputi kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di Indonesia tergolong kurang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yaitu dengan mengembangkan instrumen soal dengan tingkatan kognitif C4, C5, C6. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi narkotika, psikotropika dan zat adiktif untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan kualitas option baik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D models yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, akan tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP, dua orang guru biologi dan 30 orang peserta didik kelas XI SMAN 1 Lembah Gumanti. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket uji praktikalitas. Data validitas logis dan empiris, praktikalitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas option dianalisis dengan menggunakan ANATES versi 4.0.9. Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi narkotika, psikotropika dan zat adiktif yang telah dilakukan mendapatkan nilai rata-rata validitas logis 81,80% dengan kriteria valid, validitas empiris nilai rata-rata 70% yang valid 35 soal, memiliki tingkat kesukaran sedang dengan presentase 36,67-63,33, daya pembeda baik dengan presentase 0,292-0,649, kualitas option 90,5% dengan kriteria sangat baik, memiliki nilai rata-rata praktikalitas 86,78% dengan kriteria praktis, serta reliabilitas 0,84% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi narkotika, psikotropika dan zat adiktif yang valid secara logis dan empiris, praktis, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda dan kualitas option baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:35
Last Modified: 03 Mar 2021 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item View Item