Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Tema 2 Kelas IV SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan

Virliana, Andha Rista (2020) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Tema 2 Kelas IV SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_NDHARISTA_VIRLIANA_16129158_3880_2020.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang selama ini dilaksanakaan masih kurang efektif, sehingga peserta didik kurang termotivasi, kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, rendahnya rasa ingin tahu peserta didik dalam mencari, menemukan dan memecahkan masalah terhadap materi pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru kurang menggunakan strategi pembelajaran dan hanya bersumber sebatas buku guru saja, serta guru kurang memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencari, menemukan dan memecahkan masalah terhadap materi pembelajaran. Yang berakibat pada proses dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Tema 2 kelas IV SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan dengan subjek penelitiannya adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 18 orang peserta didik, dengan 13 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah guru (Observer), peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas IV SDN 42 Kubang yang berjumlah 18 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 79,16% dengan kualifikasi baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pengamatan aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 79,69% dengan kualifikasi baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 90,6% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pengamatan aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 76,56% dengan kualifikasi baik (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian, Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 42 Kubang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Mar 2021 06:09
Last Modified: 03 Mar 2021 06:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30264

Actions (login required)

View Item View Item