Adha, Intan Aulia (2020) Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_INTAN_AULIA_ADHA_16033015_3138_2020.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan belajar Pendidikan era milenium menuntut pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan memanfaatkan sumber belajar yang bervariatif. Faktanya menunjukkan Penggunaan sumber belajar yang bervariatif adalah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Saat ini pembelajaran jarak jauh sangat banyak membutuhkan penggunaan media pembelajaran salah satunya media pembelajaran video. Pendidikan yang bermutu menuntut proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Pembelajaran akan efisien apabila didukung oleh penggunaan media pembelajaran yang tepat. Banyak penelitian tentang penguruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar yang telah dipublikasikan dengan hasil yang bervariasi. Namun studi studi yang komprehensif bagaimana pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa belum ditemukan. Berdasarkan di atas, telah dilakukan penelitian meta analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar peserta didik pada kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian meta-analisis ini berupaya merangkum dan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional maupun internasional yang berkaitan dengan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa. Sampel analisis adalah sepuluh jurnal yang diterbitkan pada rentang tahun 2014-2020. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembeajaran video secara keseluruhan mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media pembeajaran video pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK memiliki efek yang sangat Tinggi terhadap hasil belajar siswa pada pada jenjang pendidikan SD, SMP SMA, dan SMK. Hal ini dapat simpulkan bahwa media pembelajaran video sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA disetiap jejang pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 04:35 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 04:35 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30261 |
Actions (login required)
View Item |