Pemetaan dan Resolusi Konflik Pagang-Gadai Tanah Ulayat di Minangkabau (Studies: in Jorong Kajai, Nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, West Sumatera Barat)

Putri, Eti Siska (2020) Pemetaan dan Resolusi Konflik Pagang-Gadai Tanah Ulayat di Minangkabau (Studies: in Jorong Kajai, Nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, West Sumatera Barat). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ETI_SISKA_PUTRI_18161016_1872_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pagang-gadai merupakan suatu aktivitas yang menjadikan suatu benda berharga sebagai jaminan atas utang selama ada dua kemungkinan untuk mengembalikan uang itu atau mengambil sebagian benda tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memetakan realita konflik dan merumuskan resolusi konflik gadai gadai tanah ulayat di Jorong Kajai nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman Sumatera Barnt. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan data interaktif dari Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konflik yang terjadi di Jorong Kajai yaitu konflik tertutup dan terbuka. Konflik tertutup berupa tidak saling tegur sapa dan adanya rasa saling curiga sedangkan konflik terbuka berupa: cekcok dalam masyarakat, mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas (kasar) dan berujung kekerasaan. Hal itu disebabkan oleh beberapa Faktor yaitu: penyimpangan dalam praktek pagang-gadai, masa gadai terlalu lama dan uang gadai terlalu tinggi, pelanggaran dari ketentuan surat perjanjian, pihak pengadai maupun pemagang tidak memiliki rasa menghargai dan menghormati dalam anggota kaum. Resolusi konflik yang sudah diberikan yaitu: musyawarah, kerjasama dan penyelesaian dnegan kearifan local (baduduak kibalek).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:31
Last Modified: 03 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30259

Actions (login required)

View Item View Item