Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim yang Kondusif di SMA Negeri 1 Batang Kapas

Desmarini, Desmarini (2020) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim yang Kondusif di SMA Negeri 1 Batang Kapas. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DESMARINI_18147002_3177_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepala Sekolah adalah orang yang memegang peranan penting dalam sebuah sekolah. Peningkatan mutu sekolah sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan Kepala Sekolah. Kualitas pendidikan akan mengalami peningkatan apabila Kepala Sekolah dapat meningkatkan kinerja para bawahannya. Selain itu, faktor lingkungan juga menjadi aspek penting yang dapat mempengaruhi keefektifan sekolah. Dengan memperbaiki iklim sekolah maka akan menciptakan kenyaman, interaksi yang harmonis, serta memberi dampak yang baik pada proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim sekolah yang kondusif di SMA Negeri 1 Batang Kapas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, diharapkan akan dapat dipahami setiap fenomena dan rangkaian peristiwa yang terjadi dengan lebih bermakna. Penggunaan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan iklim yang kondusif di SMA Negeri 1 Batang Kapas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini Kepala Sekolah adalah informan kunci, selain itu informan lain terdiri dari wakil kepala sekolah, majelis guru, dan karyawan yang berada di lingkungan sekolah. Penetian ini menjelaskan; (1) Kepala Sekolah SMA I Batang Kapas menggunakan gaya Kepemimpinan demokratis, situasional, dan otoriter. Gaya yang lebih dominan digunakan adalah gaya kepemimpinan demokratis; (2) Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Batang Kapas menggunakan gaya kepeminan otoriter dalam menciptakan iklim yang kondusif di SMA Negeri I Batang Kapas; (3) SMA Negeri 1 Batang Kapas dapat dikatakan sebagai sekolah dengan iklim yang kondusif, hal ini dapat dilihat dari aspek fisik dan non-fisik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:31
Last Modified: 03 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30256

Actions (login required)

View Item View Item