Implementasi Kebijakan Program Sosial Oleh Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dalam Menangani Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga di Lubuk Alung. Kabupaten Padang Pariaman.

Antari, Dila (2021) Implementasi Kebijakan Program Sosial Oleh Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dalam Menangani Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga di Lubuk Alung. Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DILA_ANTARI_16042005_4119_2021.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dengan Implementasi Kebijakan Program Sosial oleh Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dalam Menangani Kasus KDRT di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman adalah Dinas Sosial sudah melakukan sosialisasi dan penyuluhan ke masyarakat Kabupaten Padang Pariaman khususnya di Lubuk Alung, dengan cara datang perkecamatan untuk memberitahu mengenai Program Sosial LK3 dalam menangani kekerasan dalam rumah tangga. Sosialisasi ini juga diikuti oleh Camat, Kapolsek, Wali Nagari, Wali Korong dan perangkat desa lainnya. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan Implementasi Program Sosial oleh LK3 dalam menangani Kasus KDRT di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. (2) Mengidentifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Program Sosial oleh LK3 dalam menangani Kasus KDRT di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Data dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara, dan studi dokumentasi. Informan penelitian adalah Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Ketua LK3 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Wali Nagari, Wali Korong, Ninik Mamak, dan Masyarakat Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Dinas Sosial P3A Kabupaten Padang Pariaman dan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) di Lubuk Alung dapat disimpulkan yaitu: Pertama, Implementasi Program Sosial oleh LK3 dalam menangani Kasus KDRT di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Dinas Sosial P3A belum terlaksana dengan baik yang mana dapat dilihat dari tujuan Program Sosial LK3 dalam menangani kasus KDRT di lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman belum bisa di katakan sudh tercapainya, sesua dengan tahap anoperasional implementasi kebijakanya itu ada 3 penilaian,(1) interpretasi, (2) pengorganisasian, (3) Implikasi/penerapan kepada masyarakat guna untuk mencapai suatu tujuan program sosial LK3 dalam mengani kasus KDRT di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Program Sosial oleh LK3 dalam menangani kasus KDRT di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman terdiri dari empat faktor yang mempengaruhi implementasi program sosial LK3 dalam menangani kasus kekerasan dalam rumah tangga di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman yaitu komunikasi , sumber daya, disposisi, dan strukturbirokrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:34
Last Modified: 01 Mar 2021 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30227

Actions (login required)

View Item View Item