Pengaruh Penggunaan Handout Materi Hokum Newton Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Pada Model Generatif Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X di SMAN 5 Padang

Yolanda, Firna (2021) Pengaruh Penggunaan Handout Materi Hokum Newton Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Pada Model Generatif Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X di SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FIRNA _YOLANDA_12055645_265_2020.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kompetensi siswa adalah rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran fisika. Salah satu solusi yang akan mendukung tercapainya seluruh kompetensi fisika siswa baik dari kompetensi pengetahuan, sikap religius, sikap sosial, dan keterampilan adalah penggunaan handout. Handout yang dirancang dalam penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan handout materi hukum newton bermuatan kecerdasan komprehensif pada model generatif learning terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas X di SMAN 5 Padang. Lembaran eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design mempunyai populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN 5 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap dan lembar penilaian kinerja kompetensi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi linier sederhana, dan uji korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi pengetahuan, sedangkan untuk kompetensi sikap dan keterampilan menggunakan grafik. Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi siswa pada kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen masing-masing untuk nilai sikap sosial kelas eksperimen 77,03;79,06; 81,5; 82,16; 88,03; 91,41 dan pada kelas kontrol masing-masing 77,97;79,28; 82,5; 83,31; 85,91; 88,06. Hasil ini memperlihatkan bahwa kelas eksperimen mempunyai kompetensi yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t, didapatkan thitung untuk aspek pengetahuan yaitu 3 ,31. Dapat disimpulkan penggunaan handout materi hukum newton bermuatan kecerdasan komprehensif pada model generatif learning terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas X di SMAN 5 Padang pada kompetensi pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan pada kompetensi sikap, penggunaan handout bermuatan kecerdasan komprehensif pada model generatif learning tidak memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi fisika siswa kelas X SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:42
Last Modified: 05 Apr 2021 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30223

Actions (login required)

View Item View Item