Perbandingan Penggunaan Kosmetika Eyebrow Gel dan Eyebrow Cream terhadap Hasil Pembentukan Alis Tipis pada Rias Wajah Pengantin Barat

Ningsih, Anggun Surya (2020) Perbandingan Penggunaan Kosmetika Eyebrow Gel dan Eyebrow Cream terhadap Hasil Pembentukan Alis Tipis pada Rias Wajah Pengantin Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_ANGGUN_SURYA_NINGSIH_16078025_3082_2020.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengetahuan dalam pembentukan alis, contohnya seperti penggunaan kosmetika yang digunakan untuk hasil pembentukan alis tipis pada pengantin barat mahasiswa cenderung hanya menggunakan pensil alis saja, dan juga didalam pembentukan alis tipis pada rias wajah Pengantin Barat bentuk alis yang dibentuk terkesan kaku dan kurang rapi sehingga terlihat tidak natural. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan penggunaan kosmetika eyebrow gel dan eyebrow cream terhadap hasil pembentukan alis tipis pada rias wajah pengantin Barat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah 6 orang. Teknik pengambilan data adalah purposive sampling. Teknik analisa data deskriptif dengan mmenampilkan nilai mean, standard deviasi, minimum, dan maksimum. Analisis bivariate dngan uji independent-sample t-test dengan derajat kepercayaan 90%. Hasil penggunaan penggunaan kosmetika eyebrow gel untuk hasil pembentukan alis tipis pengantin Barat didapatkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada aspek kesukaan yaitu 2,19 memiliki kriteria suka. Pada penggunaan kosmetika eyebrow cream didapatkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada aspek kerapian yaitu 3,52 memiliki kriteria sangat rapi. Terdapat perbedaan penggunaan kosmetika eyebrow gel dan eyebrow cream terhadap hasil pembentukan alis tipis pada rias wajah pengantin Barat pada aspek kerataan (p=0,000), pada aspek kerapian (p=0,000), dan pada aspek kesukaan (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat perbandingan penggunaan kosmetika eyebrow gel dan eyebrow cream terhadap hasil pembentukan alis tipis pada rias wajah pengantin Barat, yaitu dengan nilai penggunaan kosmetika eyebrow gel aspek kerataan dengan nilai 2,00 memiliki kriteria kurang rata,aspek kerapian dengan nilai 1,86 memiliki kriteria kurang rapid an aspek kesukaan panelis dengan nilai 2,19 memiliki criteria suka sedangkan penggunaan kosmetika eyebrow cream aspek kerataan dengan nilai 3,19 memiliki kriteria sangat rata, aspek kerapian dengan nilai 3,52 memiliki kriteria sangat rapi, dan aspek kesukaan panelis dengan nilai 3,29 memiliki kriteria sangat suka. Dan disarakan kepada penata rias agar dapat menggunakan kosmetika eyebrow cream dalam pembentukan alis tipis pada rias wajah pengantin Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:32
Last Modified: 01 Mar 2021 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30215

Actions (login required)

View Item View Item