Pengaruh Penerapan Model TAI secara Daring dengan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Harau

Rahmi, Elia (2020) Pengaruh Penerapan Model TAI secara Daring dengan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Harau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ELIA_RAHMI_16029057_2759_2020.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik SMP. Namun berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 1 Kec. Harau dilihat bahwa pemahaman konsep peserta didik kelas VIII masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya pemahaman konsep peserta didik adalah model pembelajaran yang belum memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran TAI untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik.. Model ini menggabungkan keunggulan belajar secara kelompok dengan belajar secara mandiri. Adanya penyebaran COVID-19 menyebabkan pembelajaran diadakan secara daring dan sebab itu perlu model yang memfasilitasi peserta didik belajar secara mandiri. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan video pembelajaran yang berfungsi sebagai sumber belajar tambahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu dengan rancangan randomized control group only design. Dua kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling setelah melakukan uji kesamaan rata-rata menggunakan hasil penilaian tengah semester peserta didik. pengambilan data dilakukan dengan kuis dan tes akhir pemahaman konsep yang dilakukan secara daring. Berdasarkan hasil penelitian berupa kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Harau. Selain itu berdasarkan uji hipotesis pada tes akhir pada taraf nyata 0,05 diperoleh nilai p-value=0,000 yang berarti tolak H_0. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model TAI secara daring dengan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kec. Harau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:31
Last Modified: 01 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30212

Actions (login required)

View Item View Item