Analisis Miskonsepsi Materi Fluida Dinamis dalam Buku Ajar Fisika SMA dan Edupark Fisika Mifan Waterpark Serta Geopark Ngarai

Putra, Dio Ade (2020) Analisis Miskonsepsi Materi Fluida Dinamis dalam Buku Ajar Fisika SMA dan Edupark Fisika Mifan Waterpark Serta Geopark Ngarai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DIO_ADE_PUTRA_16033047_3136_2020.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penyebab kesalahan maupun miskonsepsi yang di alami sebagian siswa hingga mahasiswa adalah banyaknya literatrur atau buku yang menjabarkan konsep secara kurang tepat. Penulisan rumusan persamaan yang sulit juga menjadi faktor kesalahan pemahaman siswa. Jadi, Miskonsepsi harus dideteksi segara mungkin terutama pada salah satu faktor penyebabnya yaitu buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi pada buku ajar Fisika SMA dan buku ajar edupark Fisika kelas XI materi fluida dinamis dan mengetahui ada tidaknya indikasi keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memberikan interpretasi atas data yang diperoleh secara rasional dan obyektif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara kepada tim ahli Fisika. Sumber data penelitian ini adalah buku ajar Fisika SMA Kelas XI karangan Marthen Kanginan tahun 2016 dan dan buku ajar edupark Fisika, sedangkan datanya adalah konsep Fisika pada materi fluida dinamis. Untuk menentukan keabsahan/kevalidan data digunakan teknik Credibility dan triangulasi. Berdasarkan analisis data, dapat ditarik kesimpulan. Yaitu, ada miskonsepsi di buku 2, sedangkan buku 1 dan 3 tidak ada miskonsepsi. Selain miskonsepsi, Hasil identifikasi keterangan lain ditemukan yaitu ada konsep tidak lengkap, konsep yang memungkinkan terjadinya miskonsepsi, perbaikan gambar, perbaikan penulisan perumusan, perbaikan penulisan kalimat, perbaikan penulisan notasi. Ketiga buku yang diteliti sama temuan keterangan lain yang menimbulkan miskonsepsi, yaitu minimal ada 1 perbaikan setiap indikasi yang ditemukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Mar 2021 02:57
Last Modified: 01 Mar 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item