Efektivitas Media Pembelajaran Berupa Permainan Scrabble Kimia untuk Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Batang Kapas

Saputra, Yoga (2020) Efektivitas Media Pembelajaran Berupa Permainan Scrabble Kimia untuk Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YOGA_SAPUTRA_16035136_1604_20202.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Telah tersedia media pembelajaran berupa permainan scrabble kimia yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas media pembelajaran berupa permainan scrabble kimia untuk materi sistem koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Batang Kapas. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian R & D. J enis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment research) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kleas XI IPA semester genap 2019/2020 di SMA N 1 Batang Kapas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan media permainan berupa scrabble kimia sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan buku teks yang disediakan sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest-posttest berjumlah 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Data yang diperoleh adalah data selisih nilai pretest-posttest peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji efektifitas (uji N-gain), uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain kelas eksperimen yang belajar menggunakan modul adalah sebesar 0,87 dengan tingkat efektitivitas kategori tinggi dan kelas kontrol tanpa menggunakan media permainan scrabble kimia adalah sebesar 0,75 dengan tingkat efektivitas kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan thitung = 2,77 dan ttabel = 1,67 ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:37
Last Modified: 26 Feb 2021 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30204

Actions (login required)

View Item View Item