Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan untuk Kelas VIII SMP

Sari, Desi Ratna (2020) Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Pernapasan untuk Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DESI_RATNA_SARI_1301468_4110_2020.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum 2013 yang berfokus pada peningkatan literasi sains, asesmen merupakan bagian integral dari proses pembelajaran sains. Namun berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan Programme for International Student Assessment (PISA), literasi sains Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini berkaitan erat dengan instrumen asesmen yang digunakan dalam pembelajaran sains yang masih berfokus pada kemampuan kognitif dan belum mengarah pada penguasaan literasi sains, serta belum tersedianya instrumen asesmen berbasis literasi sains di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen asesmen berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen pengumpul data berupa angket wawancara, lembar analisis soal, lembar evaluasi diri sendiri (self evaluation), lembar validasi, lembar evaluasi uji satu-satu (one to one), angket praktikalitas, serta lembar jawaban siswa. Subjek uji produk penelitian skala kecil adalah 9 orang siswa, dan uji coba lapangan terdiri dari 32 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Validitas logis dan kepraktisan dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Sedangkan validitas empiris, dan butir soal dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai validitas logis instrumen sebesar 87,23% (sangat valid) dan nilai validitas empiris sebesar 80% (valid). Hasil uji praktikalitas instrumen asesmen oleh guru memperoleh nilai 89,52% (sangat praktis), dan hasil uji praktikalitas instrumen asesmen oleh siswa memperoleh nilai sebesar 88,43% (sangat praktis). Reliabilitas instrumen asesmen berbasis literasi sains menunjukkan kategori sangat tinggi dengan nilai reliabilitas 0,93. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen berbasis literasi sains materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan dapat dinyatakan valid, sangat praktis, dan reliabilitas soal sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:03
Last Modified: 26 Feb 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30202

Actions (login required)

View Item View Item