Kajian Geometri Peledakan untuk Mendapatkan Fragmentasi yang Optimal Pada Penambangan Batu Andesit PT. Atika Tunggal Mandiri Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat

Agung Hs, Yuri Purwa (2020) Kajian Geometri Peledakan untuk Mendapatkan Fragmentasi yang Optimal Pada Penambangan Batu Andesit PT. Atika Tunggal Mandiri Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_YURI_PURWA_AGUNG_HS_18137074_335_2020.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Penambangan Batu Andesite di PT. Atika Tunggal Mandiri dengan sistem tam bang terbuka ( surface mining) dengan metoda penambangan Quarry. Adapun persentase fragmentasi hasil peledakan berukuran boulder yang dihasilkan saat ini dilapangan yaitu 38,19% akibatnya digging time alat gali muat tidak maksimal dan tidak sesuai dengan ketetapan dari perusaan yang mana ketetapan perusahaan yaitu berkisar dari 8 - 10 detik, sedangkan digging time aktual dilapangan yaitu 17 ,91 detik . Penelitian ini bertujuan untuk merancang geometri peledakan yang barn untuk mendapatkan hasil fragmentasi yang optimal sehingga kegiatan pemuatan menjadi efektif dan target Digging time tercapai. Metode penelitian dilakukan dengan memberikan rekomendasi geometri peledakan bedasarkan teori R.L. Ash dan C.J. Kanya dan dilakukan penerapan dari salah satu rancangan geometri peledakan tersebut di lapangan sehingga didapatkan rancangan geometri peledakan yang optimum dari salah satu rancangan geometri peledakan tersebut untuk bisa diterapkan kedepannya bagi perusahaan. Dari hasil penerapan di lapangan terhadap salah satu rancangan usulan geometri peledakan yaitu geometri berdasarkan teori R.L Ash sebagai berikut: burden: 2 m , spasi: 2 m, stemming: 1,4 m, subdrilling: 0,6 m, tinggi jenjang: 3 m, kedalaman lubang ledak 3,5 m,powder coloum: 2,1 m, danpowder factor: 0,88 kg/m3 dimana fragmentasi ukuran boulder yang dihasilkan dari analisis sowftware split desktop sebesar 4.94 %. Adapun digging time yang dihasilkan 9,61 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:03
Last Modified: 26 Feb 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30200

Actions (login required)

View Item View Item